Sabtu, 14 Juli 2012

0

Tips Super Mudah Olahraga Bagi Diabetesi

  • Sabtu, 14 Juli 2012


  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association (2006), menyatakan bahwa olahraga yang dilakukan teratur (seperti: berjalan kaki) dapat memperbaiki kontrol kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan, mencegah perut buncit dan menurunkan terjadinya risiko serangan jantung. Namun, tidak semua olahraga itu baik. Kita harus melihat kemampuan yang ada pada diri kita, terutama bagi para penderita diabetes, karena jika olahraga dilakukan melebihi batas kemampuan maka akan berakibat kurang baik bagi kesehatan. Sebelum olahraga, ceklah gula darah Anda. Dilarang berolahraga jika gula garah sangat tinggi/ rendah (< 100 mg/dL), yang baik adalah saat (100 - 250 mg/dL). Berikut ini adalah tips mudah bagi diabetesi:

    Berjalanlah selagi sempat dan hindari memakai mobil
    Jika Anda mau berolahraga, tentu lucu bukan jika jalan-jalan dengan menggunakan mobil? Selain harus mengeluarkan uang untuk beli bensin, juga tidak cukup untuk mengeluarkan kalori tubuh Anda, karena kalori yang dikeluarkan akan sedikit. Lebih baik jika berolahraga dengan jalan kaki cepat, seperti gerak jalan. Ajak peliharaan Anda berjalan-jalan lebih lama. Murah, mudah dan simpel serta kalori yang dikeluarkan lebih banyak.

    Berjalanlah menuju tempat kerja
    Jika tempat kerja Anda berjarak tidak terlalu jauh dari rumah Anda (sekitar 200 meter), hendaknya berjalanlah menuju tempat kerja daripada dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, karena hal ini merupakan kesempatan untuk sekaligus berolahraga sambilan.

    Pilihlah naik tangga dibanding menggunakan lift/ eskalator
    Bagi Anda yang terlalu sibuk, tidak bisa sama sekali meluangkan waktunya untuk olahraga (meskipun hari libur), maka Anda bisa memilih alternatif ini. Saat Anda di tempat kerja, pilihlah naik tangga daripada lift (jika di kantornya ada), karena naik tangga cukup banyak mengeluarkan energi/kalori tubuh Anda, sehingga aman dari ancaman obesitas dan diabetes.

    Buat rencana untuk berjalan kaki dengan alat kebugaran/ setidaknya tiga setengah jam dalam seminggu
    Jika Anda seorang yang bisa dibilang mapan/mampu, apalagi kalau Anda obesitas (kemampuan) sehingga sulit untuk berjalan-jalan keluar rumah, maka belilah alat kebugaran (jalan di tempat). Lakukan minimal 3 setengah jam dalam seminggu.

    Berenanglah
    Olahraga ini juga sangat efektif bagi penderita diabetesi, karena semua organ tubuh dapat bergerak sehingga akan terjadi relaksasi dan tidak berisiko terjadinya lecet-lecet pada kaki yang berakibat infeksi.

    Bersepedalah ke mana Anda akan pergi
    Jika Anda malas untuk jalan kaki, cocok bagi Anda untuk memilih alternatif ini. Namun berhati-hatilah, jangan sampai kaki Anda terserempet jeruji sepeda, karena kaki sangat berisiko lecet bagi diabetesi. 

    0 Responses to “Tips Super Mudah Olahraga Bagi Diabetesi”


    *Important - If you want to be informed of any replies to your comment, check the "Subscribe By Email" before submitting. Please Do Not Spam

    Posting Komentar