Rabu, 11 Juli 2012

0

Virus Berbahaya Bisa Picu Diabetes Pada Anak!

  • Rabu, 11 Juli 2012

  • Para ilmuan telah mencurigai bahwa virus tertentu akan bisa menyebabkan diabetes pada usia muda, tetapi bukti yang ada masih lemah dan teori ini sekarang tampaknya tidak benar. Namun, menurut Ketua Yayasan Diabetes Dunia (WDF) Tipe 1 Indonesia, Aman Bhakti Pulungan, di seminar media tentang ”Deteksi Dini Diabetes pada Anak”, diabetes pada anak-anak sebagian besar dipicu oleh virus tertentu yang masuk ke tubuh melalui media perantara seperti air dan udara. Virus tersebut bisa berupa, virus coxsackie penyebab penyakit tangan, kaki dan mulut, dan virus polio. Menurut Erwin P Sunggoro, mantan Sekretaris Unit Kelompok Kerja Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), biasanya anak-anak yang pola hidupnya tidak bersih, dan kurang istirahat bisa terserang oleh virus-virus itu. Dalam tubuh, virus tidak hanya menimbulkan infeksi, tetapi juga bisa mengakibatkan terngganggunya sel, termasuk yang memproduksi insulin hingga akhirnya bisa memicu timbulnya diabetes melitus (DM) tipe 1 pada anak.

    Pernyataan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama menyebutkan bahwa diabetes pada anak remaja bisa disebabkan faktor genetik (keturunan), auto-imun (kelainan sistem imunitas), pola hidup tidak bersih dan sehat seperti diet yang tidak sehat.  Kelainan sistim imunitas bisa terjadi karena terdapat peradangan pada sel beta (insulitis) dan insulitis bisa disebabkan oleh virus, seperti rubella dan herpes. Insulitis bisa menimbulkan antibodi terhadap sel b yang disebut ICA (Islet Cell Antibody). Reaksi antigen (sel b) dengan antibodi (ICA) yang ditimbulkannya bisa menyebabkankan sel beta pada pankreas (kelenjar Ludah Perut) yang mempunyai fungsi memproduksi hormon insulin menjadi rusak.


    0 Responses to “Virus Berbahaya Bisa Picu Diabetes Pada Anak!”


    *Important - If you want to be informed of any replies to your comment, check the "Subscribe By Email" before submitting. Please Do Not Spam

    Posting Komentar