Kamis, 12 Juli 2012

1

Tips Cerdas Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes

  • Kamis, 12 Juli 2012
  • Sarapan
    Cobalah sarapan dengan bubur yang sehat dan murah tapi tidak murahan alias dibeli di warung yang memperhatikan kebersihan tempat. Bila bubur dalam keadaan terlalu panas, cobalah sereal tinggi serat merek supermarket, seperti Quaker baik juga untuk kesehatan jantung. Usahakan sarapan dengan bubur yang tidak mengandung santan, karena santan kadar kolesterolnya cukup tinggi. Lebih bagus lagi jika membuat bubur sendiri, sehingga akan tahu tentang aspek pembuatannya. Kalau bisa gunakan beras organik dan beras merah, karena berkadar gula rendah bahkan ada yang 0%. Sekarang telah banyak beredar beras organik di supermarket.

    Makan Siang
    Bisa menggunakan sandwich. Ini akan menjadikan sehat, terutama jika mengkonsumsi jenis yang tinggi akan serat. Sarden kalengan, mackerel atau tuna adalah pilihan murah tapi sehat untuk isi sandwich. Ikan kaleng atau kacang pada roti juga murah. Namun, pilihan ini bukan dijadikan pilihan rutin setiap hari. Harus ada variasi dalam menentukan pola makan. Sup sayur buatan sendiri bisa dimanfaatkan untuk mengisi perut serta sebagai sumber karbohidrat rendah, serat dan protein yang sangat baik.

    Makanan Pokok
    Untuk yang ini tidak membutuhkan daging dengan porsi besar. Hindari makan sesuatu yang dibakar/ diasapi, seperti ikan bakar, daging bakar, dll. Kita bisa dapat menambahkan tomat kaleng, sayuran beku atau segar atau menambah kacang-kacangan/ biji-bijian seperti: wijen, koro, kedelai dan kacang tanah sebagai sumber zat tepung. Yoghurt diet menjadi hidangan penutup yang sangat dianjurkan karena sangat baik dan hemat. Makanan penutup bisa membuat sendiri, yaitu jellly bebas  gula (Tropicana Slim) bisa dibeli di supermarket, ditambahkan dengan susu kedelai atau yoghurt dengan buah segar, dianjurkan buah naga, alpukat, melon dan anggur yang bisa membantu penyembuhan diabetes karena bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menetralisir racun di dalam tubuh.

    1 Responses to “Tips Cerdas Memilih Makanan Untuk Penderita Diabetes”

    Beti Merwati mengatakan...
    10 Februari 2015 pukul 17.12

    artikel yang bagus sekarang saya tahu wijen boleh dikonsumsi untuk diabets


    *Important - If you want to be informed of any replies to your comment, check the "Subscribe By Email" before submitting. Please Do Not Spam

    Posting Komentar